Monday 1 August 2011

ASAL USUL SPESIES KAMBING






Domestikasi kambing merupakan domestikasi yang paling awal dilakukan umat manusia setelah domestikasi anjing. Asal mula kambing yang ada sekarang adalah kambing liar yang hidup di pergunungan yang ada di Asia Barat, Persia, dan sekitarnya. Sebahagian ahli penyelidik menduga kambing-kambing yang banyak dibudidayakan saat ini berasal dari keturunan kambing hias dan spesies Capra aegagrus yang hidup di Asia kecil di daratan Persia, Capra falconeri dari sekitar pegunungan Himalaya, dan Capra prisca yang hidup di sekitar pantai mediterania.

Sejarah Kambing

Kambing lokal (Capra aegagrus hircus) adalah sub spesies dari kambing liar yang tersebar di Asia Barat Daya dan Eropah. Kambing liar jantan dan betina memiliki sepasang tanduk, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar.

Umumnya, kambing mempunyai janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berbulu lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor, adalah 1,3 meter - 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 sentimeter - 15 sentimeter. Berat kambing betina 50 kilogram - 55 kilogram, sedangkan yang jantan boleh mencapai 120 kilogram.

Kambing liar tersebar dari Sepanyol ke arah timur sehingga ke India, dan dari India ke utara sehingga ke Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya adalah daerah pegunungan yang berbatu-batu. Kambing sudah dibudidayakan manusia kira-kira 8000 hingga 9000 tahun yang lalu.

Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing ini di pimpin oleh kambing betina yang paling tua. Kambing jantan berfungsi sebagai penjaga keamanan rombongan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

1 comment:

  1. Kami tantang para semua yang suka bermain judi online Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,- registrasi secara gratis. Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !! PIN BB : D61E3506 👉 Whatsapp : +85598249684 👉 L ine : Sinidomino
    raja poker

    ReplyDelete